4 Hal yang Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

Mengajukan Kredit Mobil Bekas Ini yang Harus Diperhatikan

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang bisa dimiliki dan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Harga mobil juga bervariasi tergantung merek dan juga tipe mobil. Kredit mobil bekas bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang ingin menggunakan mobil. Anda bisa membelinya di tempat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut hal yang perlu diperhatikan.

  1. Eksterior Mobil

Eksterior mobil merupakan bagian mobil yang paling tampak dan menjadi penilaian pertama saat melihat mobil tersebut. Bagian ini adalah bodi mobil yang akan Anda beli. Jika mobil baru melihat desain bodi mobil maka mobil bekas yang perlu dilihat lebih dari itu.

Anda perlu memeriksa kondisi bodi, ada terdapat goresan atau kondisi rusak yang terlihat atau pun tidak. Perhatikan kondisi cat mobil dengan kondisi kasar atau halus. Bagian bodi mobil termaksud di dalamnya pada bagian kaca yang perlu diperhatikan kondisinya.

Pastikan tidak ada yang retak dan juga pecah. Bagian bodi berikutnya adalah kolong mobil, meskipun tidak terlihat bagian ini masuk dalam bodi mobil. Anda perlu memeriksanya untuk memastikan bagian kolong ini tidak mengalami karatan atau pun keropos.

  1. Mesin Mobil

Mesin mobil bagian penting dari proses pengecekan dengan cermat dan jangan sampai ada yang terlewati. Mesin merupakan bagian yang menjadi penentu kualitas dari mobil bekas tersebut dan bisa menjadi perhitungan besaran kredit mobil bekas yang akan dilakukan. Misalnya mobil Toyota Fortuner bekas dengan harga Rp300.000.000,00.

Harga tersebut dapat mengalami negosiasi setelah dilakukannya pengecekan mesin. Anda bisa mengujinya dengan menghidupkan mesin, jika mudah di-starter berarti mesin dalam kondisi yang baik. Setelah itu perhatikan bunyi mesin yang keluar, jika halus berarti kondisi mesin baik dan jangan lupa untuk melakukan test drive dengan mengoper gigi.

  1. Aksesoris dan Interior Mobil

Selanjutnya bagian yang perlu Anda perhatikan adalah aksesoris dan interior mobil. Bagian tersebut yaitu dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dengan cek pelapisnya dan bagian langit-langit mobil. Bagian interior yang perlu Anda periksa yaitu bagian kaca dengan menaik-turunkan kaca mobil.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Setelah itu baru Anda periksa bagian aksesoris seperti radio atau fasilitas audio yang ada pada mobil dengan menghidupkannya.

  1. Kelengkapan Surat-Surat

Setelah memperhatikan tiga hal di atas, hal berikut yang perlu diperhatikan jika Anda sudah berminat untuk melakukan pembelian mobil. Surat yang perlu tersedia yaitu BPKB dan STNK asli dari mobil tersebut dengan nama asli pemiliknya. Jangan lupa untuk memperhatikan surat jual beli setelah semua berkas dinyatakan valid.

Mobil bekas yang beredar di pasaran sangatlah banyak dengan harga mobil yang bervariasi. Tempat yang menjual mobil memiliki hak paten tersendiri jika memiliki harga lebih tinggi dari yang lain. Namun, harganya tentu tidak jauh dari pasaran yang ada.

admin

Related posts